ADMINISTRASI BISNIS

KUMPULAN ARTIKEL ADMINISTRASI NIAGA DAN BISNIS

Album Kegiatan Administrasi

Sabtu, 13 Desember 2008

DEFINISI MARKETING

MARKETING

Definisi Marketing

Dari artikel yang ada, diperoleh pengertian dari marketing. Marketing adalah komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli yang secara langsung dapat mengetahui kebutuhan, keinginan, motif, dan perilaku konsumen yang sekaligus dapat melihat reaksi konsumen sehingga langsung dapat mengadakan penyesuaian.

Syarat Marketer

Dalam melaksanakan tugas, seorang marketer memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi , misalnya dapat melaksanakan penjualan dengan target minimum yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Ada pun syarat marketer antara lain :

1. Berpengetahuan luas tentang kelebihan produk sendiri dengan produk pesaing serta segala sesuatu yang berhubungan dengan penjualan,

2. Mampu berinteraksi dengan baik serta mampu menanamkan suatu kepercayaan kepada konsumen,

3. Mampu menggali motif dan menciptakan kebutuhan konsumen,

4. Mampu mempresentasikan produk yang baik kepada konsumen dengan menyampaikan kelebihan dan ciri dari produk yang mendukung kebutuhan atau motif konsumen, dan

5. Berpenampilan rapi, jujur, cakap, dan memiliki etika kesopanan.

Fungsi Marketing

Dalam dunia bisnis, marketing berfungsi sebagai ujung tombak sebuah perusahaan untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki. Marketing juga berfungsi sebagai sumber informasi kepada pihak manajer tentang sikap konsumen dan sebagai petugas lapangan dalam penelitian pemasaran.

MANAJEMEN

Definisi Manajemen

Dari artikel yang ada, diperoleh pengertian dari manajemen. Manajemen adalah kegiatan pengelolaan, pengaturan, pengorganisasian, dan pengendalian perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Syarat Manajer

Seorang manajer perusahaan memerlukan kepribadian yang jujur, cakap, handal, bertanggung jawab, pantang menyerah, mampu melihat peluang bisnis yang ada, serta mengutamakan kepentingan perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Fungsi Manajemen

Dalam manajemen, terdapat fungsi-fungsi manajemen yang terkait erat didalamnya, antara lain :

1. Fungsi Peencanaan ( Planning )

Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat suatu tujuan diikuti dengan berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

2. Fungsi Pengorganisasian ( Organizing )

Fungsi pengorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumber daya lain untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan guna mencapai tujuan perusahaan.

3. Fungsi Pengarahan ( Directing )

Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

4. Fungsi Pengendalian ( Controlling )

Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas yang memberikan penilaian, koreksi, dan evaluasi kepada tenaga kerja atas semua kegiatan. Fungsi pengendalian memerlukan monitoring secara terus-menerus yang bertujuan untuk menyesuaikan rencana yang telah dicapai dengan pelaksanaan kegiatan.

Tidak ada komentar: